Senin, 19 Maret 2012

Dua Pejuang Remaja yang Berjasa

Selain Umair bin Waqqash yang berjuang dan syahid di perang Badar, ada dua orang lagi yang beruntung yaitu kedua pemuda, Mu'adz bin Amr bin Jumuh dan Mu'awwadz bin afra. Salah satu dari mereka bertanya kepada Abdurrahman bin Auf, "Hai, Paman, tunjukan kepadaku mana orang yang bernama Abu Jahal ?"

"Aku pernah mendengar berita bahwa dia telah menghina Rasulullah. Oleh karena itu aku bersumpah jika bertemu atau melihatnya aku akan menyerangnya," jawabnya tegas dan berani.

Pada saat peperangan Abdurrahman melihat Abu Jahal dan menunjukkan kepada kedua remaja tadi. Kedua remaja itu langsung menuju ke arah Abu Jahal dan menyerangnya. Dan tak lama kemudian Abu Jahal tewas. Setelah perang berakhir dimenagkan kaum muslimin. Rasulullah menyuruh para sahabat mencari apakah ada jasad Abu Jahal.

  setelah dicari ternya di temukan oleh Ibnu Mas'ud sambil berteriak, "Allahu Akbar!" "Saya mendengar ada dua remaja yang mengaku mengalahkan Abu Jahal. Mereka adalah Mu'adz dan Mu'awwadz," jawab seorang sahabat. "Suruh kedua orang itu menghadapku sekarang!" perintah Rasulullah.

Rasulullah bertanya pada kedua pemuda,siapa diantara mereka yang mengalahkan Abu Jahal. Kedua pemuda menjawab bahwa mereka yang mengalahkan Abu Jahal. "Apakah kalian sudah membersihkan pedang kalian?" tanya Rasulullah. "Belum."

Setelah Rasulullah memeriksa pedang mereka berdua, Rasulullah percaya bahwa merekalah yang telah mengalahkan Abu Jahal.

1 komentar: